Manusia Dalam Perspektif Genuine Psychology

Kamis, 09 Agu 2018, 19:39:40 WIB - 82 View
Share
Manusia Dalam Perspektif Genuine Psychology

Author: Eko Oktapiya Hadinata, MA.Si (Dosen Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang)

Disampaikan dalam Konferensi Nasional Alumni UIN-UIN se-Indonesia

Tema: “Islam dan Transformasi Indonesia: Kontribusi Alumni UIN-UIN se-Indonesia”

Syahida Inn. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 21-22 Maret 2018.

Manusia itu unik dan dinamis. Konsekuensi tersebut membawa pada manusia yang bebas ramalan. Untuk itulah, setidak-tidaknya, ada tiga asumsi dasar yang memperkuat hal tersebut, mechanical quantum theory, uncertainty principle dan yang terakhir adalah statement Staphen Hawking tentang otak manusia. Bahkan, kedua penemuan tersebut hanya memberikan efek sedikit atas otak manusia, is only a small effect.

Konsekuensi berikutnya, psikologi islam, dengan berpijak kepada hasil penemuan-penemuan di atas (mechanical quantum theory dan uncertainty principle) memberikan angin segar bagi dunia akademik yang berkecimpung dalam dunia psikologi pada umumnya dan psikologi islam khususnya. Karena, hal-hal abstrak yang sering diperdebatkan oleh dunia akademik sedikit demi sedikit – jika pun boleh dikatakan – terbuka luas untuk dikaji lebih dalam dan tentu dalam ranah kualifikasi ilmu pengetahuan, hal tersebut masuk dalam ranah science atau knowledge.

Konteks psikologi islam dalam hal ini diwakili oleh genuine psychology yang lebih menekankan sisi epistimologi. Oleh karena itu, konteks genuine psychology memberikan sebuah tawaran bagi masyarakat modern – sebagai diskursus baru dalam dunia psikologi – yang memiliki tiga asumsi dasar. Pertama, manusia tidak bisa diramal sekaligus diprediksi, baik itu pikiran maupun perilakunya, karena manusia dinamis. Kedua, manusia memiliki kebebasan absolut dan otak sebagai pusat kepribadian. Ketiga, isyarat-isyarat al-Qur’an dan manusia itu sendiri merupakan sumber primer dalam memahami keunikan dan kedinamisannya yang tidak dapat dipisahkan antara keduanya.

Unidha Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang
Jalan Prof. K.H. Zainal Abidin Fikri KM. 3,5 Palembang Sumatera Selatan, 30126 Indonesia
fak.psikologi_uin@radenfatah.ac.id
© 2018 Pustipd - Fakultas Psikologi