ALQURAN DAN ASSUNAH SEBAGAI TUNTUNAN DAN PEDOMAN BAGI PEMUDA

ALQURAN DAN ASSUNAH SEBAGAI TUNTUNAN DAN PEDOMAN BAGI PEMUDA

Jumat, 17 Mei 2019, 13:46:28 WIB - 64 View
Share

Da’iah : Melisa Paulina

Mahasiswa Fakultas Psikologi Angkatan Tahun 2016

Hadirin wal hadirat rohimmaa kumullah....

Sebagaimana yang telah kita ketahui ada sebuah pabrik mobil di jerman bernama merci, seiring dengan pembuatan mobilnya ia keluarkan buku petunjuknya. Berisi tentang kekuatan dan kemampuan maksimal, bahan bakar yang di gunakan ini, kalau rusak buka bagian ini. Cara menservisnya seperti ini, onderdilnya pun ini. Karena pabrik yang mengeluarkannya pasti sesuai benar dengan mobilnya.

Demikian halnya dengan Allah yang telah menciptakan manusia khususnya pemuda, maka Allah tahu benar batas kemampuan maksimal hambanya tersebut. Bahkan Allah mengetahui esensi fitroh manusia yang ingin hidup bahagia dan selamat di dunia maupun di akhirat. Maka disinilah Allah menciptakan Al- Qur’an sebagai petunjuk untuk mencapai itu semua. Bagaimana caranya? Ya..dengan mengikuti sunatullah. Allah berfiman dalam surah yunus ayat 57 :

Artinya: “hai manusia, sesumgguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari tuhamu dan penyembuh dari penyakit- penyakit ( yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang- orang beriman”.

Jelas dalam ayat tersebut bahwa petunjuk manusia apalagi pemuda adalah qur’an. Cobalah kita bayangkan kalo pemuda harapan bangsa yang taat beragama, menjalankansemua  perintah dan sunatullah sesuai dengan isi kandungan Al- Quran, subhanallah… makan hidup ini akan tenang dan tentram.

Pemuda harapan bangsa dan pemudi harapan ibu pertiwi sebangsa dan setanah air rahima kumullah….

Majunya suatu bangsa itu terletak di pundak pemuda, pemuda adalah harapan bangsa,. Negara bangsa indonesia ini sangat membutuhkan pemuda yang berakhalak mulia, taat beragama dan taat bernegara. Besar harapan bangsa kepada pemuda untuk dapat memajukan bangsa ini. Bapak ir. Soekarno dalam pidatonya beliau berkata" berikan kepadaku 1000 orang tua maka aku akan sanggup mengubuh muka bangsa ini, tapi berikan 10 pemuda saja maka aku akan sanggup menguncang dunia ini. Jelas dalam kalimat tersebut betapa tangguhnya kekuatan pemuda ini. I0 perbanding 1, artinya pemuda yang dapat memajukan dan mengubah bangsa ini. lalu timbullah sebuah pertanyaan, pemuda seperti apa yang dimaksudkan? pemuda yang dimaksudkan yaitu pemuda yang hidup berdasarkan tatanan negara dan tatanan beragama. Patokan agama kita adalah Al- Qur’an.

Pemuda harapan bangsa dan pemudi harapan ibu pertiwi sebangsa dan setanah ai rohima kumullah………

Al-Qur'an merupakan kitab yang murni, yang tidak temporer, yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Ajaran yang berasal dari Allah maka akan di jamin keutuhannya oleh Allah sendiri hal tersebut dijelaskan oleh Allah dalah surah Al-Hijr: 9.
Artinya: “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.

Maka wajiblah bagi pemuda untuk menjadi Al-Qur'an sebagai Tuntunan dan menjadikan perilaku Rassullah (Assunah) sebagai pedoman. Ingat….! Pemuda yang baik ialah pemuda yang bukan hanya memakan, merasakan, menyantap jasa orang lain tapi sebagai pemuda marilah kita mananamkan jasa untuk umat seribu tahun yang akan datang dan mulailah lakukan gerakan positif. marilah kita berlomba- lomba dalam kebaikan menuju kualitas bangsa indonesia yang maju, selaras, serasi, seimbang antara manusia dengan manusia, manusia dengan alam semesta, dan manusia dengan Tuhan yang Maha Esa, berdasarkan tatanan agama.

 

Editorial:

Editor/Layouting : Iredho Fani Reza, MA.Si

Animasi Gambar : Cherryn Putri Mayasari (Mhs. Fakultas Psikologi Angkatan 2016)

section-title

Agenda Kegiatan