Sejarah

Share

Transformasi IAIN menjadi UIN, mengharuskan perubahan yang besar juga setiap unit kerjanya. Salah satunya yaitu dengan ditandainya berdiri Fakultas Psikologi yang merupakan perpindahan dari Program Studi Psikologi Islam pada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam. Pengajuan berdirinya Fakultas Psikologi itu inisiatif dari para dosen Prodi. Psikologi Islam dengan mengajukan proposal pendirian Fakultas Psikologi ke DIKTI, pada bulan Mei 2015.

 

Usaha tersebut membuahkan hasil yakni Fakultas Psikologi berdiri secara independen dengan dilantiknya Dekan Fakultas Psikologi (Prof.Dr. Ris’an Rusli, MA) oleh Rektor UIN Raden Fatah Palembang (Prof Dr. Sirozi), pada tanggal 11 Januari 2017. Selanjutnya  Rektor UIN Raden Fatah Palembang (Prof Dr. Sirozi) melantik WD I (Dr. M.Uyun, M.Si), WD II (Zaharuddin, M.Ag) dan Ketua Program Studi (Listya Istiningtyas, M.Psi, Psikolog) pada tanggal 25 Januari 2017, berselang 1 bulan kemudian melantik Kabag Tata Usaha (Dr, Jumiana, M.Pd.I), Kasub Umum dan Keuangan (Yeni Narti M.Si), dan Kasub Akademik (Emron, S.H)  pada tanggal 24 Februari 2017.

 

Pada hari Jumat, 7 Juli 2017 Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin di sela-sela kunjungan kerjanya di Palembang dalam rangka pembinaan ASN di lingkungan Kemenag Sumsel meresmikan tiga Fakultas, salah satunya adalah Fakultas PsikologiUniversitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang di Gedung Serbaguna Asrama Haji Sumatera Selatan.

Dengan menjadi Fakultas Psikologi, Prodi Psikologi Islam lebih optimal dalam pengembangannya, seperti menjalin kerjasama (MoU dan MoA)  baik internal maupun eksternal. Saat ini Fakultas Psikologi telah menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga eksternal seperti Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Palembang, Lembaga Pembinaan Khusus Anak Palembang, Unit Pembinaan Dinas Sosial (Panti Jompo dan Panti rehabilitasi Orang Terlantar, Pengemis dan Gelandangan), dan beberapa Lembaga konsultan, Lembaga Terapan Psikologi (LPT).

 

Prodi Psikologi Islam telah melakukan dua kali akreditasi. Akreditasi pertama dilakukan pada tahun 2010 yaitu dengan akreditasi C, kemudian Prodi Psikologi Islam melakukan akreditasi kedua pada tahun 2015 dan mendapatkan nilai akreditasi B. Dengan perubahan akreditasi dari C ke B, semakin meningkatkan spirit bahwa Psikologi Islam dapat berkembang lebih optimal jika menjadi sebuah Fakultas.